Tips Atasi Bosan saat Belajar

Kembali lagi pada sesi kolaborasi saya dengan Dek Rosh setiap bulannya. Topik kali ini dari saya yakni Tips Atasi Bosan saat Belajar. Kalian betah belajar berapa jam nih? Terus biasa belajar atau mengerjakan saat pagi, sore, atau malam nih? Kalau saya hari-hari biasanya sering belajar atau nugas saat sore hari sampai dengan malam. Saya usahakan … Continue reading Tips Atasi Bosan saat Belajar

Advertisements

Pantang Mati Gaya Saat Presentasi

Alhamdulillah, hari ini begitu membuat saya bersemangat untuk menulis. Topik ini kebetulan mampir dan sukses memberikan ide tulisan buat saya. Pada kesempatan ini saya akan membagikan tips bagaimana melakukan presentasi dengan percaya diri. Ide ini mampir ketika saya mendapatkan pertanyaan mengenai hal tersebut. Tepatnya, supaya terlihat percaya diri dan nggak mati gaya saat berbicara di … Continue reading Pantang Mati Gaya Saat Presentasi

Kesempatan Berharga, Berbagi Kisah dan Pengalaman Seputar PBI di Universitas NU Blitar

Haloha.... Sangat jarang saya nulis tengah malam seperti ini. Alhamdulillah saya sedikit produktif malam ini. Saya ingin berbagi salah satu syukur dalam cerita hidup. Sebuah kesempatan berharga ketika saya kembali memutuskan melanjutkan kuliah, Alhamdulillah ada rezeki lain menjemput. Pagi itu ada kabar mengejutkan serta menggembirakan datang dari seorang yang saya anggap kakak. Dulunya kakak kelas … Continue reading Kesempatan Berharga, Berbagi Kisah dan Pengalaman Seputar PBI di Universitas NU Blitar

Berbagi Pengalaman Proses Seleksi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Ada beberapa orang bertanya ke saya bagaimana proses ujian seleksi mahasiswa pascasarjana, lebih tepatnya di Universitas Negeri Malang. Dikarenakan saya nggak terlalu suka ngetik panjang di chat, jadi saya putuskan untuk buat tulisan mengenai ini. Pun, saya juga udah punya plan dari awal untuk menuliskan pengalaman mengikuti tes seleksi mahasiswa pascasarjana, hingga sampai saya diterima. … Continue reading Berbagi Pengalaman Proses Seleksi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Bahasa dan Sastra sebagai Pewaris Nilai Luhur Bangsa

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beragam akan kekayaannya. Baik sumber daya alam, sumber daya manusia, budaya, bahasa, dan seluruh komponen yang beragam di dalamnya. Mengenai budaya, kehidupan manusia memang erat kaitannya dengan budaya. Proses pembentukan budaya telah berlangsung berabad-abad lalu hingga terbentuklah suatu komponen yang disebut dengan jati diri. Di dalam jati diri tersebut terkandung … Continue reading Bahasa dan Sastra sebagai Pewaris Nilai Luhur Bangsa

Ketidakefektifan Ceramah dalam Pembelajaran

Tulisan mengenai pengalaman mengajar, kembali saya rangkum pada postingan berikut.... Gregeten sih, segera pengen cepet-cepet ketulis aja. Pertama kali saya merasa bersalah. Saya berasa telah melakukan hal kurang baik. Nggak bisa memberikan terbaik untuk siswa-siswa saya. Begini, beberapa minggu ke dapan anak-anak menempuh UKK (Ujian Kenaikan Kelas) atau lebih dikenal dengan UAS. Dari jenjang SD … Continue reading Ketidakefektifan Ceramah dalam Pembelajaran

Mengenalkan Fabel yang Mulai Luntur pada Benak Siswa

Hallo selamat malam .... Sepertinya sudah lama tidak menuliskan seputar dunia yang saya geluti. Saya sudah sedikit tenggelam dengan beberapa rutinitas yang memabukkan. Racun dunia memang. Sebenarnya banyak hal, seperti pengalaman dan pengetahuan baru akan dunia saya ini. Tapi, setiap kali ingin saya tuliskan, saya tergoda dengan ide-ide lainnya. Yang kata saya tadi, menggiurkan. Baik … Continue reading Mengenalkan Fabel yang Mulai Luntur pada Benak Siswa

Menjalin Komunikasi Intim dengan Siswa

Ini saya terapkan dengan beberapa batasan. Lebih saya terapkan untuk mereka di jenjang SMP. Alasannya, agar saya lebih jauh memahami mereka. Kalau saya kebanyakan marah dan berlaku seperti mengajar anak SMA, jelas nggak akan ngaruh. Pertama kali saya pakai metode untuk anak SMP. Pikir saya, ketika saya kasih materi dilanjut penjelasan dan akhirnya soal itu … Continue reading Menjalin Komunikasi Intim dengan Siswa

Apakah Ini Yang Dinamakan Ketulusan?

Tulisan kali ini lagi-lagi akan bercerita pengalaman saya menjadi guru. Terhitung saya sudah pernah mengajar di sekolah selama 1 tahun lebih 3 bulan, kalau saya tak salah hitung. Selepas lulus kuliah saya sudah pernah mengajar di SMK swasta di Blitar, namun hanya satu bulan. Ya begini guru baru sok-sok-an ngerasa nggak betah dan masih on … Continue reading Apakah Ini Yang Dinamakan Ketulusan?

Dorongan Apakah Ini?

Ada satu hal yang membuat saya bangga menjadi seroang guru. Salah satunya saat mereka merasa senang dan nyaman kita saya mengajar dalam kelas. Bukankah itu adalah suatu kebanggaan? Apalagi mereka dapat menerima apa yang saya sampaikan dengan senang, pula menikmati. Akan lebih mudah materi tersebut sampai kepada mereka. Saya sebisa mungkin tidak monoton dalam kelas, … Continue reading Dorongan Apakah Ini?