Tips Menjadi Produktif

Kalian pernah menyesal telah menyia-nyiakan waktu?

Menyesal dan mengutuk diri sendiri ketika satu hari tersebut tidak melakukan kegiatan apa pun?

Menghabiskan waktu seharian itu tanpa melakukan hal-hal berarti?

Iya pernah! Sangat pernah! Tahulah! sebel selalu seperti itu!

Kalau saya sih iya, kadang mengutuk diri sendiri ketika hari itu tidak produktif sama sekali. Seharian hanya mainan ponsel, menengok media sosial sampai terkantuk-kantuk, nonton tv atau bahkan hanya tidur seharian. Rasanya saya satu-satunya orang yang nggak berguna di muka bumi ini. Ibaratnya seperti baju lusuh tak terpakai.

Ada masanya hampir setiap hari saya tidak melakukan hal-hal tak berarti alias nganggur non faedah seperti itu. Yah kala itu ketika saya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan. Ketika belum mendapatkan pekerjaan pengganti, itulah kegiatan non faedah yang sering saya lakukan. Sungguh teramat menyaiakan-nyiakan waktu.

Memang jika bukan kita sendiri yang merubah siapa lagi? Memang jika tidak kita mulai dari sekarang ya kapan lagi?

Berikut ini kembali hadir tulisan kolaborasi kami tentang berbagi tips. Projek bersama saya dan dek Rosh. Telat 4 hari dari jadwal yang sudah kami tentukan masing-masing. Ditambah sudah hampir 3 minggu saya nggak ngeblog, ini mungkin jadi awal yang baik untuk mengentaskan kemalasan menulis. Topik kali ini adalah Tips Menjadi Produktif. Berikut tips dari saya pribadi dan sumber tertentu yang saya gabung. Semoga bermanfaat . . .

Merencanakan Kegiatan yang Akan Dilakukan

Merencanakan kegiatan adalah langkah awal kalian menjadi pribadi yang produktif. Ingat! produktif bukan berarti sibuk ya, kerja atau aktivitas setiap hari dari pagi sampai malam sampai memforsir diri sendiri. Bukam itu, melainkan kalian dapat memanfaatkan satu hari itu dengan baik dan berguna. Jadi, untuk tips pertama ini yang adalah merencakan kegiatan yang akan kalian lakukan. Misal dengan cara membuat planner satu hari. Atau jika kalian pengguna bujo bisa juga merencanakan kegiatan jangka pendek atau panjang. Pengalaman pribadi saya selalu membuat agenda satu hari di note kesayangan. Untuk kalian pun bisa memanfaatka note, post-it yang ditempel pada dinding jadi kalian pasti akan melihat. Selanjutnya bisa menggunakan bujo bagi yang menekuni. Tahun ini adalah tahun pertama saya memulai bullet journal.

20190203_153147_0001

Daftar Kegiatan yang Dilakukan

Sebenarnya poin ini tak juah beda dengan poin pertama yakni kalian daftar hal atau kegiatan apa yang menjadi kewajiban, harus dilakukan. Tampung semua kegiatan kiranya yang akan kalian kerjakan. Dan mulai berikan batasan waktu untuk pengerjaannya. Misalnya kalian bisa membagi kegiatan antara prioritas dan bukan. Hal ini selengkapnya akan dibahas pada poin ketiga.

20190203_152931_0001

Buat Prioritas

Setelah kalian mendaftar kegiatan atau hal yang ingin kalian lakukan, selanjutnya adalah buat prioritas. Gampangnya kalian pilah sesuai dengan batasan, semisal hal penting sampai hal yang kurang penting. Jadi, kalian akan memiliki kewajiban untuk menyelesaikan hal yang mendesak terlebih dahulu. Dan tentunya terstruktur. Kalau saya pribadi, saya selalu membagi diri saya menjadi 4 pribadi untuk melaksanakan kegiatan. Agar apa yang saya rencanakan dapat terlaksana dengan baik dan matang. Pertama, tugas saya menjadi mahasiswa, tugas saya menjadi anak kos, tugas saya jadi seorang anak, dan saya menjadi manusia biasa. Kapan saya harus mengerjakan tugas kuliah, kapan saya harus nyuci atau ngepel kamar kos, kapan saya harus membantu pekerjaan rumah sampai kepada kapan saya harus bersenang-senang membahagiakan diri sendiri. Sederhananya seperti itu.

Fokus, Jangan Mudah Terpengaruh

Jika kalian merencanakan untuk melakukan atau menyelesaikan suatu kegiatan usahakan kalian benar-benar fokus. Jangan mudah terpengaruh, utamanya hal yang sering mengganggu kita adalah ponsel dan segala kesenangan yang ditawarkannya. Supaya apa? supaya kegiatan itu selesai dengan cepat dan tepat tanpa gangguan hal yang membuai iman hehe. Pun, kalian dapat melakukan kegiatan lainnya. Dua pulau terlampaui, yeay!

Jangan Menunda

Budaya menunda sangat mengakar bagi sebagian orang. Saya pun tak luput terjangkit penyakit ini. Jika sudah menunda satu, dipastikan yang lainnya pun ikut tertunda. Akibatnya tugas menumpuk sampai menggunung dan bingung harus mulai mengerjakan yang mana. Jikalau sudah seperti itu, biasanya kita akan merasa panik H- berapa jam. Kan nggak sehat buat kesehatan jiwa pula hehe.

Jangan Lupa Istirahat, Makan, dan Olahraga

Sepadat-padatnya jadwal, sebanyaknya tugas, sesibuknya kita, jangan sampai melupakan ketiga hal tersebut. Otak dan fisik kita butuh istirahat, butuh nutrisi. Begitu pula jiwa kita, jangan mengesampingkan penyengaran semisal nonton atau jalan-jalan. Sangat dibutuhkan untuk mengisi daya pribadi. Jika merasa tubuh loyo ya makan karena kerja juga butuh energi. Pun, olahraga untuk mengimbanginya.

Untuk referensi lain jangan lupa kunjungi tulisan milik Rosh ya, Tips Manajemen Waktu Agar Produktif.

Semoga bermanfaat . . .

Selamat memulai kembali aktivitas esok hari . . .

Advertisements

7 thoughts on “Tips Menjadi Produktif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s