Mengambil Alih Urusan Rumah Tangga

Sumber : Pinterest Edit by Canva

Ternyata melakukan pekerjaan rumah tangga sendirian itu nggak gampang dan cukup banyak menguras waktu. Saya kira bebersih rumah mulai beberes, nyapu, ngepel, nyuci, setrik, dan kawan lainnya itu mudah . Kenyataanya bisa setangah hari atau bahkan seharian kalau banyak istirahatnya, lama. Lha wong juga saya kira beberes toko ibuk yang seumplik bakalan cepet rampung ee sampai menjelang sore baru kelar. Itu baru separo, baru juga beberes etalase.

Jadi ibu rumah tangga itu nggak mudah. Pekerjaan rumah terlihat sepele, cukup lo menguras tenaga. Dan tak kadang pikiran, misal nggak asal main beberes aja, harus nata ulang, dekorasi ulang, bahkan mengganti ulang yang jelas membutuhkan biaya. Kalau ngomong, kerjaan nyuci doang, nyapu doang mah gampang, hello! Salah besar!

Liburan ini saya memang ditakdirkan untuk fokus sama rumah, fokus sama keluarga aja. Tak apa sih karena saya juga nggak punya rencana mau liburan kemana gitu. Yah ya, faedahnya dari liburan inilah saya bisa ngomong basa-basi di atas.

Seluruh pekerjaan rumah nyatanya dilimpahkan ke saya. Bukan karena saya dianak tirikan, keluarga sedang diuji sama Allah. Ibuk sakit hampir 3 bulan. Semenjak sakit, berobat dan nggak ada perkembangan apapun, maka saya mengambil alih kerjaan. Masa masih kuliah kemarin saya cuma bisa ngontrol ibuk dan mengerjakan pekerjaan rumah di weekand saja.

Sumber : Pinterest

Memang pas banget, di saat liburan ini saya memang harus fokus sama rumah dan toko. Resolusi yang saya tulis salah satunya bantu ngembangin toko ibuk, mulai berjalan. Ibuk jelas nggak bisa belanja karena keadaanya yang makin hari makin lemas, tak tega begitupun melayani pembeli seharian. Jadilah, agar dapur tetap mengepul urusan toko saya ambil alih. Walau awal-awal jelas ngerasa kikuk, nggak biasa belanja sendiri plus banyak yang harus dibeli, perlahan mulai menikmati dan banyak belajar.

Dari semenjak libur kuliah semester ini, saya 100% ngurusin ibuk. Siapa lagi kalau bukan saya, nenek juga udah sepuh. Kami hanya bertiga di rumah. Sampai kepada ibuk operasi pertengan bulan desember kemarin, rasa capek tenaga dan pikiran. Mulai bangun pagi ngeladenin ibuk dulu, buka toko, beberes rumah dan toko, nyuci, ngepel, setrika, dan lainnya. Lelah , sampai saat jaga toko dipastikan saya tertidur karena kelelahan. Ada nenek sih yang sesekali membantu untuk urusan dapur dan kasih makan ayam.

Alhamdulillah, lelah saya nikmati. Nggak ngerasa bosen juga, walau nggak banyak waktu main atau jalan-jalan. Malah sesekali teman yang berkunjung ke rumah. Toh saya ada temen ketika bosan melanda, si kecil. Kalau saya nggak lagi kecapekan atau males siangnya, pasti saya nulis.

Kalau malam, sekarang juga udah jarang begadang. Yah baru malam ini saja, saya memang nggak mau tidur awal walau rada ngantuk . Pengen me time-lah, nulis dan menyapa teman-teman semua di blog.

Advertisements

5 thoughts on “Mengambil Alih Urusan Rumah Tangga

  1. Berarti bener ya apa kata para IRT. Kerjaan rumah kok kayaknya nggak pernah beres-beres. Adaaaa aja yg dikerjain tiap menit. Padahal kita liatnya kayaknya cuma itu-itu aja kan. Tapi kok bisa ga selesai-selesai?

    Duh, yg belum ngerasain, mesti praktikkin langsung dah itu. Makanya IRT yg gapake pembantu, salut lah. Luar biasaaa setroooong!

    Liked by 1 person

  2. Eehmm … sedikit bnyak aku kok ngebayangin ya situasimu di rmh dan hari2mu, andai aku cewek rasa pengin berkunjung n ngebantu jg, wkwk…. Kirain td ad saudara2mu yg lain atau ayah. Salut dech dg Mbak Vera dg segudang agenda rutinnya, meski capek tp
    msh produktif nulis 🙂 smga ttp kuat dan sehat ya.

    Dan aku doakan jg utk kepulihan ibu Mbak Vera, smngat jg utk sllu mengurus bliau. Amin.

    Oya, si kecil mksudnya?

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s