Tips Presentasi Mandiri

Tanggal berapa nih, udah tanggal dua aja. Nah yang kali ini adalah challenge nulis sebulan sekali kolaborasi saya dengan dek Rosha. Harusnya akhir bulan setiap tanggal 30/31 topik segera diselasikan. Sudah tahu kan alasan terbesar saya menunda? Ya benar malas.Topik ketiga ini mengenai tips berpresentasi.

Mengenai tips presentasi, saya sudah pernah menuliskan sebelumnya Pantang Mati Gaya Saat Presentasi Jadi, pada topik sekarang saya lebih memspesifikan presentasi mandiri atau presentasi individu. Saya akan mencoba membagikan tips sesuai pemgalaman pribadi saat melakukan presentasi sendiri di kelas atau forum-forum tertentu. Untuk kalian yang masih sekolah atau kuliah, bisa nih disimak tips ala saya.

Saya kerap ditanya, gimana sih caranya biar pede dan nggak gerogi saat berbicara di depan umum? Saya kerucutkan ya, agar lancar dan tampil percaya diri saat presentasi mandiri depan kelas. Sebenarnya kunci utamanya adalah ketika kalian sudah bisa menguasai materi atau menguasai suasana di kelas. Tahu bagaimana berbicara di depan banyak peserta atau teman kelas. Berikut beberapa tips runtut ala saya:

Mengumpulkan dan Meramu Referensi

Referensi dari sumber terpecaya itu penting lo, penunjang utama bahan presentasi kita. Dari situ bisa dilihat bahwa kita nggak main-main mempresentasikan sesuatu. Bukan hanya omong kosong, tapi ada buktinya. Nah mengenai mengumpulkan referensi ada beberapa tips juga dari saya. Pertama, jangan terlalu banyak referensi. Diramu baik-baik, disaring kira-kira mana yang paling cocok dalam menunjang bahan atau materi presentasi. Jadi, hal itu berkaitan dengan menggunakan beberapa referensi saja. Jangan digunakan semua, mentang-mentang dapat banyak referensi. Jatuhnya malah kebanyakan dan bingung deh buat ngeramu alias ngerangkum. Kedua, jangan asal masukin-masukin atau asal mengutip saja. Baca dan pahami, dengan begitu kalian nggak hanya asal mengutip, banyak ilmu yang kalian dapat juga. Dan itu bisa banget dibuat bekal saat tiba presentasi banyak pertanyaan dilontarkan kepada kita.

Mempersiapkan Diri Sebelum Presentasi

Mempersiapkan diri sebelum presentasi itu penting, jangan asal nekat tampil tanpa bekal dan persiapan apapun. Jadi, persiapkan diri sebelum presentasi. Pertama, belajar, tentunya belajar adalah kunci keberhasilan saat presentasi esok hari. Setelah mengumpulkan dan meramu referensi dan menjadikannya bahan presentasi, selanjutnya adalah belajar. Belajarlah materi presentasi sematang mungkin. Sisihkan waktu satu atau dua jam untuk menyelaminya. Kedua, tulislah catatan penting saat belajar. Kegiatan ini sering saya lakukan, mencatat materi penting di sebuah note atau saya tulis di makalah dengan bolpoin warna-warni. Catatan penting itu berupa materi yang dianggap penting atau materi yang butuh perhatian khusus. Sebagai pengingat juga, terkadang lupa dengan apa yang akan disampiakan. Dengan adanya catatan ini akan membantu. Ketiga, mengulang-ulang materi yang dianggap sulit sampai dikuasai matang. Nah keempat, ini versi saya, yakni bukan menghafal materi melainkan dipahami. Gunanya, agar kita menguasai penuh materi dan dapat mempresentasikan dengan bahasa kita sendiri yang mungkin lebih mudah dipahami peserta.

Sarapan atau Makan

Jika presentasi dilakukan pagi hari, akan lebih baik jangan sampai melupakan sarapan. Asupan agar kita lebih siap memulai hari dan tentunya punya tenaga untuk presentasi. Di depan kelas dengan penuh percaya diri dan tidak terlihat lesu. Benar lo, ketika perut kenyang berpikir lebih enteng. Lebih siap memulai presentasi. Makan dahulu, atau mengonsumsi susu serta roti baik juga sebagai penambah energi. Eh bawa juga air putih.

Mengulang Poin-Poin Penting

Kalau saran dari saya, jangan belajar lagi sebelum presentasi. Akan terkuras energi dan pikiran kita. Bikin deg-degan juga sih. Jadi, akan lebih baik kalian mengulang poin-poin penting saja bukan semuanya. Ulang dari catatan-catatan yang sebelumnya kalian tulis.

Ada tips-tips lain nih lancar presentasi dari dek Rosh. Jangan lupa disambang ya.

Semoga membantu ya, jika ada tambahan tips boleh berbagi di kolom komentar.

Advertisements

5 thoughts on “Tips Presentasi Mandiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s