Kembali Menyesuaikan Diri

Sepertinya saya masih tenggelam dalam kelas. Mungkin kesan pertama dari saya yakni nggak terlalu banyak omong. Saya sudah mulai berubah setiap masuk pada lingkungan baru. Padahal dulunya saya orang yang sangat mudah sekali berbaur. Membuat orang lain tertarik kepada saya. Membuat mitra tutur saya seneng ketika ngobrol sama saya. Saya menutup diri. Menutup semua akses mereka masuk ke dalam pribadi saya. Rasanya saya nggak siap memperlihatkan diri saya. Atau bisa dibilang, saya nggak mau mereka mengenal saya secara mendalam. Karena membangun hubungan baru yang lebih intim, tak semudah itu. Dan mungkin saya yang sekarang lebih memilih menutup diri.

Teman-teman saya baik, mereka menciptakan suasaa kelas menjadi hidup. Saya rasa tingkat guyonan mereka mulai nampak. Saya saja yang sesekali hanya menimpali dengan senyum. Padahal saya dulunya orang yang masuk dalam kategori suka banyol, kerap dijadikan sorotan karena kecerewetan saya, saya nggak bisa diem, dan selalu ikut andil dalam kegiatan kelas. Saya cuma memilih duduk fokus dengan ponsel atau buku, sembari beberapa kali mencoba obrolan dengan teman walau hanya persekian balikan saja.

Dalam hati saya kepengin sekali berbaur, tapi dorongan memilih untuk tenggelam dalam pertemanan lebih besar. Mungkin ini masih tahap awal. Tapi, saya nggak pernah sesulit ini untuk berbaur sebelumnya. Bahkan sangat mudah bagi seorang saya. Lebih tepatnya radar keceriaan saya dalam berbaur menurun. Minggu depan akan saya coba, kembali hadir dengan seorang saya yang nggak pernah malu untuk berbicara. Namun, saya tetap memiliki batasan dalam sebuah hubugan yang benar-benar ingin saya jalin.

Dalam dunia pendidikan, apalagi dalam forum belajar seperti ini muskil rasanya ketika saya harus tenggelam dalam hiruk pikuk kelas. Saya cukup berpartisipasi saja dalam kelas, tapi untuk urusan pribadi kesampingkan saja. Itu urusan masing-masing pribadi dalam menjalani dan memilih cara hidupnya.

Advertisements

2 thoughts on “Kembali Menyesuaikan Diri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s