Pecinta Drakor? Pasti Paham Betul dengan Kuliner Ini

Saya suka sekali nonton drama, terhitung sejak kuliah. Saya betah berlama-lama mantengin drama dengan belasan bahkan puluhan episode. Ceritanya tak monoton seperti sinetron Indonesia. Walau fiktif alias khayal dan kagak mungkin terjadi, saya masih bisa mengambil kesenangan dan manfaat dari drama yang saya tonton. Bahkan tak jarang disetiap dialognya mengandung banyak isyarat makna.

Saya tak terkeculi kalian yang doyan sekali nonton drama, pasti ngiler tiap kali muncul adegan makan. Lahap sekali mereka makan dengan beragam hidangan di hadapan mereka. Melalui drama, Korea secara tak langsung mengenalkan budaya terlebih kuliner mereka. Apalagi  masak plus makan ramen, Ya Allah ngiler saya. Langsung deh masak Indomie, biar kagak kalah saing. Banyak makanan yang terekspos dan membuat mata berburu dengan nafsu.

Jika sekarang,  saya sudah lama sekali tak menonoton drama. Drakor terakhir yang saya tonton adalah wanita super Do Bong Soon. Goblin juga salah satu drama Korea yang masih berkesan untuk saya hingga saat ini. Membuat saya lebih semangat mencari sosok kebapak-an layaknya pemeran utama yakni Khim Sin. Saya tertarik dengan serial drama ini karena cerita dan tentunya si tokoh-tokohnya.

Jadi gagal fokus ini, liat oppa eh ajusshi ganteng hiii.

Saya sudah pernah mencoba masakan ala Korea di saat saya kuliah dulu. Tepatnya di Jalan Kalpataru Suhat Malang, nama tempatnya Kirin (Kimbab Rina). Jika porsi makan orang Korea itu banyak, memanglah benar. Saya juga sering nonton channel youtube milik orang Korea asli yakni Hari Jisun. Saya ingat, dulu tiga porsi makan dan satu mangkuk bingsu tak habis untuk saya dan kedua kawan saya. Banyak sekali, lumayan  susah jalan. Di Blitar juga ada minuman dari es serut ini (bingsu), saya pernah mencobanya.

Nah beberapa minggu lalu saya berkesempatan lagi untuk nyoboin kuliner ala negeri ginseng itu. Karena saya sudah menetap di Blitar jadi tak jauh-jauhlah saya, misal harus ke Malang. Nama kedainya yakni Sushi Kimbab Oppa. Letaknya hanya 5 menit-an saja jika berjalan kaki dari Omah Ketan Kopi Ndeso.

Sudah sering saya kesini, namun baru kemarin saya niat untuk mereview tempat ini.

Tempatnya sederhana, tidak seperti kafe pada umumnya. Bangunannya sangatlah sederhana, tak begitu luas. Dekorasinyapun tak foto-able jika kalian ingin berfoto ria. Di dindingnya hanya dihiasai wallpaper bunga sakura. Sepertinya kedai ini memang tak menonjolkan tempat, pasti utamanya adalah si menu. Kursi dan meja makan hanya terdiri dari lima pasang (jika saya tak salah hitung). Kursi dan meja kayu, sederhana saja. Namun kesemuanya cukup nyaman kok.

Menu yang ditawarkan beragam. Berikut saya list beberapa menu dari Sushi Kimbab Oppa ini :

  1. Aneka Sushi, kisaran harga yakni 18 ribu sampai 70 ribu. Menu dengan harga 70 ribu ini jenis sushi Jemeokbab. Saya tak paham pasti bagaiman menu in, karena saya tak pesan hii.
  2. Aneka Kimbab, kisaran harganya dari 18 ribu hingga 35 ribu.
  3. Chajjangmyun. Menu ini sudah sangat familiar jika kalian mantengin drakor, yakni mi saus pasta kacang kedelai hitam. Tiap kali melihat adegan memakan menu ini, ngiler pasti.
  4. Bimbimbab. Versi kita bisa disebut dengan nasi campur hii. Karena nasi, telur, daging, sayuran, kimci, dan biasaya rumput laut diaduk jadi satu dengan bumbu khas Korea. Awal kali datang ke kedai ini, bimbimbab yang saya pilih. Enak kok. Harganya 23 ribu, eh saya pernah ingat dulu harganya tak semahal ini heem.
  5. Bimbimyune. Saya tak tahu pasti menu ini, mungkin hampir sama seperti bimbimbab kali ya. Hargnya yakni 20 ribu.
  6. Tteobokki. Menu dengan bahan dasar tepung beras, dimasak pedas. Pasti juga pada familiar dengan makanan ini. Hemmm, saya nyobain ini juga di Kirin Malang. Lumayan mahal yakni 25 ribu.
  7. Tteobokki Cheese. Menu ini agak mahal dikit dari tteobokki lo, kisaran 30 ribu. Kemarin saya pesan menu ini tidak ada, habis hikss. Sangat disayangkan.
  8. Rappoki. Ya sejenis tteobokki ditambah dengan mi, sosis, dan telur puyuh.  Harganya mahal pula, 30 ribu.
  9. Chiken Bug Bug dengan harga lumayan murah, hanya15 ribu saja.
  10. Chiken Kerage, maaf saya lupa harganya hiii.
  11. Ramen dengan harga 15 ribu.
  12. Minuman, dibagi menjadi tiga bagian. Ketiganya adalah hot drinks, milk shake, dan fresh. Kisaran harganya yakni 4 ribu sampai 10 ribu saja.
  13. Snack yakni jamur crispy, kentang goreng, brocoly crispy, Endamame, dan masih banyak lainnya. Kisaran harganya rata-rata yakni 10 ribu saja.

Menu yang pernah saya coba yakni beberapa aneka kimbab, ramen, tteobokki, dan bimbimbab. Keempat menu itu kalau tidak salah pernah saya coba di awal kali saya datang ke sini. Saya lupa mau review satu-satu. Jika rasanya patut dipertimbangkan, enak kok. Kimbab dan bimbimbabnya bikin kenyang

Nah kali ini saya akan mereview beberapa menu dari Sushi Kimbab Oppa yang baru saya coba beberapa waktu lalu. Selain masih inget, ada juga fotonya hii. Kala itu saya mampir makan hanya dengan Tutut dan adek saya. Kami memesan dua menu. Menu wajib adalah kimbab, saya lupa jenis yang mana. Kedua adalah rappoki. Kami sempat menginginkan menu tteobokki cheese, namun habis hikss.

Saya nggak paham pasti ya gimana rasa sebenarnya masakan Korea itu. Maksudnya, ini yang saya pernah makan jelas bumbunya seperti ini atau gimana hee. Yang jelas warnanya selalu agak merah-merah pedas hii.

IMG-20171117-WA0013

Pertama, untuk kimbab. Pasti sudah paham semua bagaimana menu ini. Nasi dibalut dengan rumput laut, dengan tambahan beberapa sayur, sosis, dan potongan udang (udangnya kecil). Mengenyangkan. Si kimbab ini penetral pedas untuk makanan pedas, seperti rappoki yang kami pesan. 

IMG-20171117-WA0012

Kedua, yakni rappoki. Rappoki ini perpaduan dari ttoebokki, telur puyuh, dan ramen. Gimana rasanya? enak kok. Pedas sekali, saos merahnya enak,  hampir seperti saos merah biasa. Sedikit ada rempah-rempahnya.

IMG-20171117-WA0010

Oh ya ciri khas masakan Korea itu biasa pakai wijen. 

Jika berbicara soal harga, untuk makanan seharga gini untuk orang Blitar ya agak mahal. Makanan di atas 20 ribu sudah dalam kategori mahal. Saya sih ngerasain hii, berkunjung ke tempat ini ya pas kantong bisa diajak kompromi.

Ingin mencoba???

 

Info selengkapnya :

Instagram  : Shusi&Kimbab Oppa Blitar. 

Nomor Whatsapp : 085 851 492 383

Lokasi : Jl. Jenderal Sudirman (selatan Polres Kota Blitar).

Advertisements

27 thoughts on “Pecinta Drakor? Pasti Paham Betul dengan Kuliner Ini

  1. Duh, saya katrok banget sama makanan asing. Takut juga rasanya gak sesuai ama lidah.

    Tapi saya sendiri penasaran banget ama manisan India yang bentuknya kuning bulat dan sering dimakan di film2 India jadul. Kalo di daerah mba ada. Review dong.

    Liked by 1 person

    1. Kalau makanan ini mash cocok di lidah saya, mash doyan. Tpi kmren nambah lagi saya agak enek hii

      Eh iya tahu saya. Sayakan suka nnton India juga tahulah. Manis spertinya hii
      Saya review kalau ada ya mas 😊

      Like

      1. Wah berarti rasanya masih wajar yah, gak seekstrim burger gitu ya. Yang campur aduk manis asin.hhaaa

        Ya mba, teksturnya gimana banget penasaran. Dulu pas kecil ngiler kalo ada adegan makan itu. Ok, ditunggu ya.

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s